Hiram Monserrata — Blog Bandar QQ Online Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia

Cara Mencegah Penyakit Snot Pada Ayam Laga

Ayam Laga

Penyakit snot merupakan salah satu penyakit menular yang dikenal cukup berbahaya dan biasanya jenis penyakit ini menyerang unggas-unggas seperti ayam laga, burung dan lain-lainnya. Selain itu, bila ayam yang Anda pelihara mengalami penyakit seperti ini, maka Anda harus cepat menangani hal tersebut. Dengan memisahkan ayam tersebut dari ayam lainnya yang masih sehat agar tidak ikut tertular penyakit snot. Dan agar lebih efektif lagi, Anda juga harus segera membersihkan semua peralatan kandang dari mulai tempat makan, tempat minum dan yang lainnya.

Disamping itu, biasanya penyakit snot ditularkan dari sesama ayam melalui kontak fisik dan bisa juga ditularkan melalui udara maupun dari peralatan makan dan minuman yang sudah tercemar oleh virus. Jadi sebagai seorang peternak ayam, Anda juga harus paham tentang cara mencegah agar penyakit snot tidak menyerang ayam aduan kesayangan Anda. Dan tentunya Anda juga harus paham bagaimana gejala-gejala dari ayam yang telah terjangkit penyakit snot. Maka pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi tersebut kepada Anda semuanya yang belum mengetahui maupun paham tentang hal tersebut.

Gejala Ayam Laga yang Terjangkit Penyakit Snot

Sebelum membahas tentang cara mencegah penyakit snot, maka terlebih dahulu tentunya Anda harus paham mengenai ciri-ciri maupun gejala apa saja yang dialami oleh seekor ayam yang sudah terjangkit. Berikut ini gejala-gejala ayam aduan yang terkena penyakit snot, antara lain :

  1. Seekor ayam yang terserang penyakit snot biasanya akan sering mengalami bersin-bersin dan pada bagian hidungnya akan mengeluarkan lendir.
  2. Lendir yang keluar dari ayam mengental.
  3. Lendir yang keluar dari ayam tersebut berbau busuk maupun tidak enak.
  4. Bagian muka pada ayam mengalami pembengkakan seperti terkena gigitan tungau.
  5. Pernapasan dari ayam mengalami gangguan dan mengakibatkan ayam menjadi ngorok.
  6. Penurunan napsu makan dan ayam kelihatan lesu maupun tidak bersemangat.
  7. Pertumbuhan pada unggas menjadi lambat.
  8. Ayam akan semakin rentan diserang oleh berbagai penyakit lainnya.

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Snot Pada Ayam Aduan

Nah itulah gejala-gejala yang dialami oleh ayam yang telah terjangkit penyakit snot. Namun, penyebab utama kenapa ayam yang Anda pelihara dapat terjangkit penyakit snot biasanya dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan maupun perawatan pada ayam tersebut. Dan yang terpenting yang perlu Anda perhatikan ialah kebersihan dari pakan yang Anda berikan. Dan tentunya juga asupan vitamin yang kurang yang kemudian menyebabkan ayam rentan diserang penyakit.

Selain itu, seperti yang telah Anda ketahui bahwa negara republik Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan hanya memiliki 2 jenis musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Biasanya setiap terdapat pergantian musim, ayam aduan paling sering terjangkit penyakit snot yang biasa disebut juga dengan musim pancaroba. Dan berikut ini beberapa cara pencegahan yang dapat Anda lakukan agar ayam kesayangan Anda tidak mengalami penyakit snot, antara lain :

  1. Berikan asupan vitamin yang cukup dan sejak dini ayam diberikan vaksin.
  2. Rajin membersihkan kandang ayam dan juga memberikan pakan yang bersih kepada ayam.
  3. Menyediakan kandang yang layak dan yang mampu juga untuk melindungi ayam dari cuaca hujan.
  4. Selalu menjaga kondisi kandang dalam keadaan kering dan juga memberikan penghangat ruangan.

Demikianlah beberapa gejala dan juga beberapa cara-cara untuk mencegah agar ayam aduan kesayangan Anda agar tidak terjangkit penyakit snot. Dan semoga artikel ini dapat membantu Anda dan mampu menambah wawasan Anda dalam merawat kesehatan ayam Anda semuanya, terima kasih.